Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pembom Bunuh Diri Tewaskan 7 Orang

Kompas.com - 26/07/2010, 19:23 WIB

PABBI, KOMPAS.com - Seorang pembom, Senin (26/7), meledakkan diri di tengah kerumuman pejabat tinggi Pakistan yang tengah melayat putra seorang menteri yang menjadi korban pembunuhan Taliban. Akibatnya tujuh orang di sekitarnya tewas.

Polisi menyatakan, pembom itu dihentikan ketika mencoba berjalan masuk ke rumah Mian Iftikhar Hussain, menteri penerangan Provinsi Khyber Pakhtunkhwa di kota kecil Pabbi, Afghanistan barat laut. Pembom itu meledak sesaat setelah Menteri Dalam Negeri Pakistan Rehman Malik datang menyampaikan belasungkawa atas kematian putera Hussain, Mian Rashid (28 tahun), yang ditembak mati, Sabtu.

"Tujuh orang, termasuk tiga polisi, tewas dan 21 luka," kata pejabat tinggi polisi Imran Kishwar kepada kantor berita AFP melalui telepon dari tempat kejadian. Dokter Suhrab Khan di rumah sakit utama di Pabbi memastikan tujuh mayat dibawa masuk setelah serangan itu, yakni tiga polisi dan empat warga. Korban luka parah dilarikan ke ibukota propinsi Peshawar dan sembilan orang lain dirawat di dekat lokasi kejadian.

Hussain dianggap menteri barat laut paling lantang terhadap pejuang Taliban. Ia juga bekerja sebagai juru bicara pemerintah propinsi.

Bom dan serangan oleh tersangka militan Taliban dan yang terkait Al Qaeda menewaskan lebih dari 3.560 orang di seluruh Pakistan sejak Juli 2007. Banyak dari kekerasan itu terpusat di Pakistan barat laut dan wilayah perbatasan dengan Afghanistan, tempat sekitar 143.000 tentara Amerika Serikat dan NATO berperang untuk membalik keadaan perang sembilan tahun melawan gerilyawan Taliban.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com