Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Pemimpin Senior Al Qaeda Ditangkap

Kompas.com - 25/07/2010, 15:37 WIB

BAGHDAD, KOMPAS.com — Pihak yang berwenang di Baghdad telah menangkap beberapa orang yang diduga sebagai pemimpin senior Al Qaeda, kelompok garis depan di Irak, termasuk menteri pertahanan mereka.

"Di antara mereka yang ditangkap termasuk dua bersaudara yang dicurigai mendalangi beberapa serangan besar di provinsi Irak tengah, Diyala," kata juru bicara Kementerian Pertahanan, Mayor Jenderal Mohammed al-Askari, Minggu (25/7/2010).

"Tentara Irak juga menangkap Saleem Khalid al-Zawbayi, Menteri Pertahanan Negara Islam Irak (ISI). Dia ditangkap pada Kamis malam di selatan Baghdad," tambah Askari.

Zawbayi dicurigai mengorganisasikan pengeboman bunuh diri pada 18 Juli di kota Radwaniyah, barat Baghdad, dengan target milisi anti-Al Qaeda.

Empat puluh lima orang tewas dan 46 lainnya luka dalam serangan bom bunuh diri itu.

Askari juga mengatakan, dua saudaranya, yaitu Jaabar dan Qadoori Radhi Khamis al-Zaidi yang bertanggung jawab untuk operasi di Diyala, telah ditangkap di kota utara Tikrit, tempat mereka bermarkas.

"Mereka adalah emir ISI," kata Askari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com