Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diperkuat, Hubungan Ekonomi Indonesia dan Australia

Kompas.com - 24/07/2010, 03:23 WIB

Darwin, Kompas -  Indonesia dan Northern Territory, Negara Bagian Australia utara, akan memperkuat hubungan dan kerja sama ekonomi yang saling menguntungkan kedua belah pihak.

Hal itu ditekankan dalam pertemuan antara Menteri Kelautan dan Perikanan RI Fadel Muhammad dan Menteri Hubungan Asia Northern Territory Rob Knight di Darwin, Australia, hari Jumat (23/7).

Fadel ke Darwin, antara lain, bersama Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono, Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Agus Suhartono, dan Gubernur Maluku Karel Albert Ralahalu.

”Kita ingin menguatkan hubungan ekonomi antara Northern Territory dan Indonesia, khususnya untuk kawasan timur, sebab kawasan timur Indonesia merupakan kawasan yang sedang tumbuh, sangat luas dengan segala potensi dan sumber daya manusia yang besar,” kata Fadel.

Dalam pertemuan itu, Rob Knight menyatakan keinginan Pemerintah Northern Territory untuk membuka hubungan ekonomi, seperti dengan Makassar yang memiliki bandar udara besar, juga Kalimantan Timur.

Menurut Fadel, dalam pertemuan itu dibahas, antara lain, rencana Pemerintah Australia yang akan menjadikan Darwin sebagai pintu masuk utama berbagai macam hasil dari kawasan timur Indonesia.

Sementara itu, Karel Albert Ralahalu sangat mendukung penerbangan Darwin-Ambon dibuka kembali setelah terhenti sejak kerusuhan tahun 1999. (SEM)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com