Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AS Tarik Penasihat Kontraterorisnya

Kompas.com - 23/07/2010, 19:18 WIB

MANILA, KOMPAS.com — Satu kelompok penasihat kontraterorisme militer AS telah ditarik dari Filipina selatan setelah salah seorang dari mereka bertengkar dengan seorang serdadu lokal di sebuah bar.

"Kami menyesalkan pertengkaran antara dua orang itu. Pasukan AS yang terlibat dalam insiden itu telah ditarik dari kota Isabela," kata kedutaan tersebut tanpa menyebut jumlah serdadu yang ditarik itu, Jumat (23/7/2010).

Isabela, ibu kota Basilan, salah satu dari beberapa pulau selatan yang dikenal sebagai pangkalan kelompok Moro yang berada di belakang sejumlah serangan bom serta penculikan-penculikan turis-turis Barat dan misionaris Kristen.

Sekitar 500 personel Pasukan Khusus AS digelar di daerah itu sejak tahun 2002, yang memberikan bantuan intelijen serta melatih pasukan Filipina, yang memerangi para gerilyawan.

Menurut pihak Filipina, lima penasihat militer AS meninggalkan Basilan pekan lalu, segera setelah militer lokal mengirim surat kepada pihak AS tentang insiden di bar tersebut.

Komandan militer daerah itu, Brigjen Ben Dolorfino, mengemukakan kepada wartawan, insiden itu hendaknya tidak memengaruhi kerja sama militer antara AS dan Filipina di daerah selatan negara itu.

"Tindakan-tindakan telah dilakukan untuk memperbaiki kerja sama keamanan antara kedua negara. Mereka bertindak cepat dalam kasus ini," kata Dolorfino.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com