Sudan Usir Tiga Pemimpin Gerilyawan Chad

Kompas.com - 21/07/2010, 10:22 WIB
EditorEgidius Patnistik

KHARTOUM, KOMPAS.com - Sudan, Selasa (20/7) malam, mengusir tiga pemimpin penting gerilyawan Chad. Langkah ini diambil semalam menjelang kunjungan Presiden Sudan, Omar Hassan al-Bashir, ke Chad.

"Saya pastikan itu," kata juru bicara ketiga pemimpin pemberontak tersebut, Abderahman Koulamallah, kepada AFP saat dikonfirmasi  mengenai pengusian mereka dari Sudan.

Ketiga pemimpin gerilyawan Chad itu adalah Timan Erdimi, Mahamat Nouri dan Adouma Hassaballah. "Ketiganya telah meninggalkan Sudan, Selasa malam," katanya beberapa jam setelah seorang diplomat mengatakan kepada AFP bahwa Sudan telah mulai mengusir para pemberontak Chad itu sebelum kunjungan Bashir ke Chad, Rabu.

Kunjungan itu merupakan yang pertama bagi Bashir ke sebuah negara yang mengakui jurisdiksi Pengadilan Kriminal Internasional sejak jaksa pengadilan tersebut mengeluarkan surat perintah penangkapan dirinya. Seorang pejabat Chad di kantor presiden itu mengatakan, Bashir akan menghadiri konferensi mengenai Masyarakat Negara-Negara Sahel-Sahara (CENSAD).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.