Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Militer AS Serahkan Tariq Aziz

Kompas.com - 15/07/2010, 02:34 WIB

KOMPAS.com - Militer AS menyerahkan 55 tahanan mantan pengikut almarhum Saddam Hussein kepada otoritas Irak. Menariknya, salah satu dari antara mereka adalah Tariq Aziz. Di masa jayanya, Aziz adalah Deputi Perdana Menteri Irak. "Kami menyerahkan tawanan, termasuk Tariq Aziz," begitu pernyataan pihak militer AS sebagimana warta Xinhua pada Kamis (15/7/2010).

Selanjutnya, para tahanan itu akan dimasukkan ke dalam penjara yang dikelola Kementerian Kehakiman Irak. "Mereka akan diperlakukan sesuai hukum Irak," imbuh militer itu.

Para tahanan itu sebelumnya memang dibui di Kamp Cropper. Tempat yang juga menjadi penjara bagi Saddam Hussein ini berisikan orang-orang penting di masa pemerintahan presiden tersebut.

Tariq Aziz divonis 15 tahun penjara atas tuduhan kejahatan melawan kemanusiaan. Ia terbukti terlibat dalam pembunuhan saudagar-saudagar Irak pada 1992. Tambahan tujuh tahun penjara juga dikenakan kepada Aziz lantaran tindakan tidak adil terhadap kelompok Kurdi selama Saddam memerintah. Tariq Aziz adalah satu-satunya kepercayaan Saddam yang beragama Kristen.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com