Mugabe Nekat Mau Jual Tambang Berlian

Kompas.com - 13/07/2010, 19:01 WIB
EditorMarcus Suprihadi

HARARE, KOMPAS.com — Presiden Zimbabwe Robert Mugabe menyatakan, disetujui atau tidak oleh Badan Pengawas Berlian Dunia, negaranya tetap akan menjual cadangan berlian terbesar di dunia yang berada di timur negeri itu.

Selasa (13/7/2010), Mugabe telah menghubungi pihak-pihak pembuat aturan tentang berlian bahwa penjualan cadangan berlian itu akan mendongkrak perekonomian negerinya yang kini hancur.

Menurut Mugabe, negaranya merupakan pemasok utama berlian di seluruh dunia atau sekitar seperempat pasokan dunia yang ditemukan pada tahun 2006.

Untuk diketahui, Badan Pengawas Berlian Dunia tidak mengizinkan Zimbabwe menjual ladang tambang berlian terbesar itu. Hal itu terkait dengan dugaan pembunuhan massal, pelanggaran hak asasi manusia dan kekerasan, serta korupsi.

Padahal, kawasan selatan Afrika, termasuk Zimbabwe, dikenal sangat kaya akan cadangan berlian dan sumber daya alam lainnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.