Bocah Tujuh Tahun Itu Dibom

Kompas.com - 13/07/2010, 15:53 WIB
EditorBenny N Joewono

COTABATO, KOMPAS.com - Sebuah bom rakitan berkekuatan tinggi meledak di propinsi Maguindanao, wilayah selatan Filipina, menewaskan seorang anak laki-laki berusia tujuh tahun.

"Bom tersebut juga melukai lima orang, termasuk dua orang guru, dalam ledakan pada Senin malam di luar balai kota dekat dengan kantor polisi," kata Kepala Kepolisian Daerah Alex Lineses, Selasa (13/7/2010).

"Belum ada kelompok yang mengaku bertanggung jawab atas serangan tersebut dan latar belakang masih dalam penyelidikan," kata Lineses.

Seorang pejabat kantor walikota setempat, Musiv Tan, mengatakan, sejumlah saksi melihat pelaku naik sepeda motor meninggalkan bom, yang dibungkus dalam kantong hitam dekat pos polisi.

Juru bicara militer propinsi, Kolonel Benjamin Hao, mengatakan, kejadian tersebut mungkin ada hubungannya dengan pertikaian berdarah antara walikota setempat dengan keponakannya, yang diyakini sebagai ketua kelompok pejuang Muslim, yang beroperasi di daerah tersebut.

Pembunuhan dan serangan berlatar dendam dan persaingan antar keluarga merupakan hal umum di Maguindanao, satu propinsi di selatan pulau Mindanao, tempat kelompok Muslim berkuasa.

Kelompok ini dituduh atas pembunuhan 57 orang tahun lalu dalam pembunuhan masal terburuk di Filipina.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.