Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rayakan Ultah Dalai Lama, 200 Ditahan

Kompas.com - 07/07/2010, 20:54 WIB

KATHMANDU, KOMPAS.com - Polisi di ibu kota Nepal, Kathmandu menahan sekitar 200 pengungsi Tibet yang berusaha merayakan hari ulang tahun ke-75 Dalai Lama.

Nepal memiliki perbatasan panjang dengan China dan menampung sekitar 20.000 pengungsi Tibet. Tetapi pemerintah mendukung kebijakan Beijing, Tibet adalah bagian integral China.

"Kami menahan sekitar 200 pengungsi Tibet dari beberapa lokasi Kathmandu untuk diperiksa," kata perwira senior polisi Ramesh Kharel kepada AFP.

"Kami melepaskan mereka setelah kami mengajukan beberapa pertanyaan."

Tsering Lama, seorang aktivis Tibet, mengatakan perlakuan polisi terhadap para pengungsi itu melanggar hak asasi manusia.

"Kami tidak diizinkan merayakan ulang tahun pemimpin kami. Kenapa negara yang demokratis melakukan tindakan seperti ini?" kata Lama.

Ratusan pengungsi Tibet di Nepal menghadiri acara untuk memperingati ulang tahun pemimpin spiritual Tibet itu di satu kamp pengungsi di pinggiran Kathmandu.

Dalai Lama merayakan ulangtahunnya di Dharamshala, kota yang terletak di perbukitan India utara tempat ia tinggal di pengasingan sejak melarikan dari Tibet tahun 1959 setelah satu pemberontakan yang gagal terhadap pemerintah China.

Kementerian luar negeri Nepal mengatakan para anggota parlemen tidak hadir, untuk menjaga hubungan China-Nepal dan situasi yang peka.

Nepal menghadapi tekanan China yang meningkat untuk menindak tegas kegiatan-kegiatan para pengungsi Tibet.

Pemerintah Kathmandu mengatakan pihaknya tidak akan mengizinkan unjuk-unjuk rasa politik terhadap kekuasaan China di Tibet.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com