Rayakan Ultah Dalai Lama, 200 Ditahan

Kompas.com - 07/07/2010, 20:54 WIB
EditorBenny N Joewono

KATHMANDU, KOMPAS.com - Polisi di ibu kota Nepal, Kathmandu menahan sekitar 200 pengungsi Tibet yang berusaha merayakan hari ulang tahun ke-75 Dalai Lama.

Nepal memiliki perbatasan panjang dengan China dan menampung sekitar 20.000 pengungsi Tibet. Tetapi pemerintah mendukung kebijakan Beijing, Tibet adalah bagian integral China.

"Kami menahan sekitar 200 pengungsi Tibet dari beberapa lokasi Kathmandu untuk diperiksa," kata perwira senior polisi Ramesh Kharel kepada AFP.

"Kami melepaskan mereka setelah kami mengajukan beberapa pertanyaan."

Tsering Lama, seorang aktivis Tibet, mengatakan perlakuan polisi terhadap para pengungsi itu melanggar hak asasi manusia.

"Kami tidak diizinkan merayakan ulang tahun pemimpin kami. Kenapa negara yang demokratis melakukan tindakan seperti ini?" kata Lama.

Ratusan pengungsi Tibet di Nepal menghadiri acara untuk memperingati ulang tahun pemimpin spiritual Tibet itu di satu kamp pengungsi di pinggiran Kathmandu.

Dalai Lama merayakan ulangtahunnya di Dharamshala, kota yang terletak di perbukitan India utara tempat ia tinggal di pengasingan sejak melarikan dari Tibet tahun 1959 setelah satu pemberontakan yang gagal terhadap pemerintah China.

Kementerian luar negeri Nepal mengatakan para anggota parlemen tidak hadir, untuk menjaga hubungan China-Nepal dan situasi yang peka.

Nepal menghadapi tekanan China yang meningkat untuk menindak tegas kegiatan-kegiatan para pengungsi Tibet.

Pemerintah Kathmandu mengatakan pihaknya tidak akan mengizinkan unjuk-unjuk rasa politik terhadap kekuasaan China di Tibet.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X