Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Untuk Selundupkan Mobil ke Jalur Gaza

Kompas.com - 07/07/2010, 15:17 WIB

KAIRO, KOMPAS.com - Polisi Mesir menemukan terowongan yang dipakai untuk menyelundupkan mobil ke Jalur Gaza saat para pelaku sedang beraksi, demikian dilaporkan MENA, Selasa (6/7/2010).

Kantor berita resmi Mesir itu melaporkan, dua mobil seludupan itu ditemukan di dalam terowongan yang terletak di daerah Al-Dehniya, selatan perlintasan perbatasan Rafah.

Polisi Mesir menyerbu terowongan itu di saat para penyelundup berupaya memindahkan mobil-mobil tersebut. Namun para pelaku berhasil melarikan diri dengan mobil-mobil curian.

Mesir memerangi aksi-aksi penyelundupan ke Jalur Gaza baik lewat darat maupun laut karena tekanan Israel dan AS, guna menghentikan pasokan senjata kepada Hamas.

Bahkan aparat keamanan Mesir sering menyerbu dan menghancurkan terowongan-terowongan yang dipakai untuk aksi penyelundupan ke Jalur Gaza, yang miskin dari Rafah.

Rafah adalah satu-satunya jalur ke luar masuk wilayah Palestina yang tidak dikontrol Israel.

Wilayah Gaza, yang dikuasai Hamas sejak Juni 2007 ini, sangat bergantung pada jaringan terowongan yang ada di perbatasan sejak Israel dan Mesir menutup arus keluar-masuk ke wilayah itu kecuali untuk kepentingan bantuan kemanusiaan.

Terowongan-terowongan itu umumnya digunakan warga untuk menyelundupkan berbagai barang kebutuhan pokok, seperti makanan, hewan, dan senjata.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com