Salah Pilih Nama Anak, Menyesal Kemudian

Kompas.com - 07/07/2010, 10:54 WIB
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com - Nama merupakan sesuatu yang akan disandang anak seumur hidupnya. Tak heran bila para calon orangtua berupaya mengkreasikan nama yang indah untuk calon buah hatinya. Karena itu, pikirkanlah dengan hati-hati nama yang paling tepat untuk anak.

Jangan sampai memilih sebuah nama terburu-buru atau tanpa pertimbangan dan pada akhirnya menyesal kemudian, atau justru membuat anak kecewa. "Nama seseorang akan berpengaruh besar pada cara ia memandang dirinya dan cara orang lain berpikir tentang dirinya," kata David Figlio, ahli sosiologi dari Amerika.

Nama yang dipilihkan orangtua akan terus melekat, dari bayi hingga usia lanjut. Karena itu sebaiknya orangtua menghindari memberi nama yang tidak lazim, seperti nama benda atau nama anak perempuan untuk anak laki-laki. Yang juga harus dipertimbangkan adalah nama yang dipilihkan jangan sampai menyulitkan anak dalam kehidupannya nanti. "Sebaiknya anak merasa nyaman dengan nama yang disandangnya," kata Figlio.

Penelitian tentang dampak pemilihan nama pernah dilakukan di Inggris terhadap 3000 orangtua. Satu dari lima orangtua yang disurvei menyatakan mereka menyesali pemilihan nama untuk anaknya. Selain karena namanya terlalu unik atau karena ejaan huruf yang tak lazim.

Sementara itu, meski banyak orangtua yang mengaku tidak menyesali, namun mereka mengatakan sebenarnya ada alternatif nama lain yang ingin mereka pilihkan untuk anak mereka.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.