Libya Pulangkan 160 Tahanan Niger

Kompas.com - 06/07/2010, 08:16 WIB
EditorEgidius Patnistik

TRIPOLI, KOMPAS.com - Libya, Senin (5/7), membolehkan lebih dari 260 tawanan dari tetangganya Niger pulang ke negara mereka, demikian dilaporkan kantor berita resmi Libya, Jana.

Beberapa organisasi internasional mengecam Libya karena apa yang mereka katakan sebagai perlakuan keras negara itu terhadap warga negara Afrika lain yang akhirnya masuk dalam tahanan Libya sebagai tawanan atau imigran gelap. Bulan lalu, Libya menandatangani perjanjian mengenai kerja sama pengadilan dengan junta militer yang memerintah Niger, yang merupakan pengekspor besar uranium.

"Seratus-sebelas tawanan dari Niger telah meninggalkan bandara Metigua (di luar Tripoli), pagi hari ini untuk pulang ke negara mereka berdasarkan perjanjian kerja sama pengadilan antara kedua negara," kata Yana.

Seorang pejabat Libya, seperti dikutip Jana, mengatakan bahwa 150 tawanan lain dari Niger meninggalkan Libya Senin malam. "Ada tawanan lagi dari Niger di penjara-penjara Libya yang akan dipulangkan ketika prosedur yang dibutuhkan telah lengkap," tambah pejabat yang tak disebut namanya itu, seperti dikutip Jana.

Kantor berita itu tidak memberikan perincian lagi dan tidak menyebutkan bagaimana nasib 12 warga Niger yang sedang menunggu eksekusi di Libya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.