Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa 6,9 SR Guncang Kepulauan Solomon

Kompas.com - 26/06/2010, 15:53 WIB

HONIARA, KOMPAS.com - Sebuah gempa kuat, berskala 6,9, menghantam perairan dekat Kepulauan Solomon di Pasifik Barat, Sabtu (26/6), kata US Geological Survey (USGS). Berdasarkan laporan sejauh ini, gempa itu tidak memicu ancaman tsunami yang merusak.

Menurut USGS, gempa tersebut terjadi pada pukul 16.30 waktu setempat atau 12.30 WIB, di kedalaman sekitar 30 kilometer dengan episentrum 40 kilometer di barat daya Kira Kira, di Pulau Makira, dan 224 kilometer di tenggara ibukota Honiara. Pusat Peringatan Tsunami Pasifik mengeluarkan pengumuman yang mengatakan "tidak ada ancaman tsunami luas yang merusak berdasarkan data gempa historis dan tsunami."

Namun lembaga itu memperingatkan, gempa bumi sebesar itu "kadang-kadang menimbulkan tsunami lokal yang dapat merusak di sepanjang pantai yang terletak 100 kilometer dari pusat gempa. Pihak berwenang di daerah pusat gempa harus menyadari kemungkinan ini dan mengambil tindakan."

Seperti banyak wilayah Pasifik, Solomon secara teratur mengalami gempa bumi. April lalu sebuah gempa berkekuatan 6,8 SR menguncang wilayah itu. Tidak ada tsuanmi atau pun laporan tentang kerusakan. Satu rangkaian gempa mengguncang Kepulauan Solomon barat pada bulan Januari, dengan yang terbesar berkekuatan 7,2 yang menyebabkan tsunami yang diperkirakan mencapai delapan kaki (hampir 2,5 meter).

Sekitar 1.000 orang, hampir sepertiga dari total populasi, diyakini telah kehilangan tempat tinggal di Pulau Rendova akibat gempa dan kerusakan tsunami. Pada April 2007, gempa bumi berkekuatan 8,0 SR di barat Solomon memicu tsunami yang menewaskan lebih dari 50 orang dan menyebabkan ribuan orang lain mengungsi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com