Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

15.000 Tentara dan Polisi Dikerahkan

Kompas.com - 23/06/2010, 13:55 WIB

FUZHOU, KOMPAS.com - Lebih dari 15.000 orang termasuk tentara dan polisi sedang berusaha mengatasi pecahnya Bendungan Changkai dengan karung berisi pasir dan benda-neda lainnya, demikian dilaporkan media resmi, pada Rabu 23/6/2010).

"Tentara dan para pejabat dikerahkan untuk menyelamatkan 100.000 orang yang rumah-rumah mereka dilanda banjir atau terancam air bah," kata Xinhua.

"Presiden Hu Jintao dan PM Wen Jiabao menyerukan dilakkukan segala usaha untuk mengatasi banjir dan meyelamatkan nyawa penduduk setelah bendungan itu bobol," kata Xinhua.

Hampir setiap tahun, daerah-daerah China dilanda banjir yang menelan korban jiwa. Pusat Meteorologi Nasional memperingatkan bahwa hujan-hujan yang turun sekarang dapat menghantam daerah-daerah selatan sampai Sabtu.

Di daerah-daerah Fujian dan provisi Guangdong curah hujan lebih dari 100 sentimeter dalam beberapa hari belakangan ini. Menurut media resmi pemerintah, hujan diperkirakan akan turun kembali dalam pekan ini.

Daerah-daerah yang paling parah dilanda banjir adalah provisi-provinsi Fujian, Jiangxi, Hunan, Giagdong, Sichuan, Guizhou dan Gangxi. Beberapa dari daerah itu telah dilanda kekeringan parah dalam beberapa bulan lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com