Inggris Desak Pembebasan Suu Kyi

Kompas.com - 18/06/2010, 20:16 WIB
EditorEgidius Patnistik

LONDON, KOMPAS.com Inggris, Jumat, menyerukan agar Aung San Suu Kyi segera dan tanpa syarat dibebaskan saat pemimpin demokrasi Myanmar itu bersiap menandai lagi ulang tahunnya dalam tahanan.

"Aung San Suu Kyi berusia 65 tahun pada hari Sabtu dan menghabiskan 14 dari 20 tahun terakhir di dalam tahanan rumah," kata Menteri Luar Negeri Inggris William Hague. "Keberlanjutan penahanannya, dan bahwa ada lebih dari 2.100 tahanan politik lain di Birma (Myanmar), bertentangan dengan hukum hak asasi manusia antarbangsa dan menjadi bayangan panjang atas pemilihan umum mendatang di negeri itu," katanya.

"Saya mendesak tentara penguasa membebaskan semua tahanan politik segera dan tanpa syarat serta menghormati hak asasi rakyat Birma," katanya.

Peraih hadiah Nobel Perdamaian itu belajar di Universitas Oxford dan menikah dengan ilmuwan Inggris, Michael Aris, yang meninggal tahun 1999, sepuluh tahun setelah Suu Kyi menjalani tahanan rumah, karena membantu mendirikan Liga Bangsa untuk Demokrasi (NLD).

NLD menang pemilihan umum terakhir tahun 1990, tetapi tidak pernah diizinkan berkuasa. Suu Kyi juga dilarang ikut dalam pemilihan umum, yang direncanakan berlangsung tahun ini.

Menteri Inggris Urusan Asia Tenggara Jeremy Browne menyatakan, penguasa Myanmar harus menerima tawaran berembuk Suu Kyi untuk membantu negara itu membentuk pemerintahan sipil yang mumpuni. "Rakyat Birma cukup menderita. Peralihan murni ke pemerintahan sipil dan mumpuni lama tertunda. Saya bertekad memastikan Inggris memainkan peran dalam membantu mereka mencapai harapan itu," katanya.

Masyarakat di berbagai tempat di dunia berencana mengadakan peringatan ulang tahun ke-65 Suu Kyi, Sabtu besok, mulai dari penanaman pohon di Myanmar, pawai kesetiakawanan di Washington, hingga kepungan cahaya di Inggris.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.