Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

China-PakistanTeruskan Kerja Sama Nuklir

Kompas.com - 17/06/2010, 21:03 WIB

BEIJING, KOMPAS.com - China, Kamis, mempertahankan kerja sama nuklirnya dengan Pakistan untuk tujuan damai setelah Amerika Serikat berusaha meminta klarifikasi Beijing mengenai penjualan dua reaktor kepada Islamabad.

"China dan Pakistan mempertahankan kerja sama dalam tahun-tahun belakangan ini dalam energi nuklir yang digunakan untuk tujuan damai," kata juru bicara kementerian luar negeri China, Qin Gang,  kepada wartawan ketika ditanya tentang reaksi AS terhadap perjanjian itu. "Kerja sama ini sejalan dengan kewajiban internasional kami masing-masing dan sepenuhnya untuk tujuan-tujuan damai, dan mendapat perlindungan dan pengawasan Badan Tenaga Atom Internasional."

Perusahaan Nuklir Nasional China, sebuah perusahaan milik negara, setuju untuk membiayai dua reaktor nuklir sipil di Provinsi Punjab Pakistan, walaupun ada kekhawatiran dari luar negeri tentang keamanan bahan-bahan atom di negara Islam itu. Perjanjian kerja sama itu terwujud setelah China tahun 2004 masuk dalam Kelompok Pemasok Nuklir (NSG), satu kelompok negara energi nuklir yang melarang ekspor ke negara-negara yang tidak mendapat jaminan keamanan Badan Tenaga Atom Internasional.

Selasa, juru bicara Departemen Luar Negeri AS, Philip Crowley,  mengemukakan bahwa AS meminta China menjelaskan rincian perjanjian-perjanjian itu, yang ia katakan harus disetujui oleh NSG.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com