Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pria AS Pemburu Bin Laden Ditahan

Kompas.com - 17/06/2010, 04:56 WIB

Chitral, Rabu - Seorang pria AS dituduh masuk ke Afganistan untuk memburu guna membunuh pemimpin Al Qaeda Osama bin Laden. Pria itu telah ditahan pihak berwajib di Pakistan. Gary Brooks Faulkner (50), seorang pekerja konstruksi, telah diperiksa dokter.

Demikian dikatakan para pejabat Pakistan, Rabu (16/6). Kerabat memperingatkan Faulkner menderita penyakit ginjal.

Faulkner ditangkap di Lembah Brumboret di dekat perbatasan Provinsi Nuristan, Afganistan. Saat itu dia sedang membawa sebuah pedang, pistol, dan kaca mata untuk bisa melihat di malam hari.

”Dia berkeliaran di zona keamanan yang mengundang kecurigaan. Dia diperiksa oleh sebuah tim penyidik Pakistan di Peshawar,” menurut Kepala Polisi Chitral, Jaffer Khan.

Seorang pejabat intelijen di Chitral mengatakan ketika pihak berwajib mendekati Faulkner, pria itu berteriak, ”Jangan mendekat atau saya tembak.”

Scott Faulkner, adik kandung pria itu, dalam konferensi pers di Colorado, AS, mengatakan, Faulkner berada di Pakistan secara sah dan telah berada di sana enam kali untuk sebuah ”misi” membunuh Bin Laden.

”Dia tidak gila, dia bukan seorang psikopat dan dia bukan seorang sosiopat. Dia adalah seorang lelaki yang dalam suatu misi dan percaya bahwa Tuhan melindunginya,” kata Scott Faulkner.

Scott Faulkner mengatakan, kakaknya, lahir di California dan tinggal di Colorado sejak tahun 1968, tidak menganggap misinya terkait dengan agama. ”Namun dia ingin membunuh pemimpin Al Qaeda itu karena menganggap Bin Laden itu jahat.”

Enam kali berkunjung

Para kerabat mengatakan, Faulkner pernah enam kali ke Pakistan. Dia belajar bahasa setempat dan memelihara jenggot panjang untuk bisa berbaur.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com