Makeup Natural Sehari-hari

Kompas.com - 16/06/2010, 19:35 WIB
EditorNF

KOMPAS.com - Mengenakan makeup tak berarti Anda harus menggunakan segala warna yang ada di palet kosmetik setebal mungkin. Kosmetik sehari-hari seharusnya menonjolkan kecantikan alami Anda dan menutup kekurangan pada wajah Anda secukupnya. Menggunakan makeup natural membantu Anda tampil lebih segar, dan membuat rutinitas mengenakan makeup Anda lebih mudah dan simpel. Jika Anda memang menyukai makeup yang cukup berwarna-warni, cobalah untuk mengubah riasan sesekali. Selang-seling antara makeup tebal dan natural akan membuat penampilan Anda terlihat lebih menarik dan tak membosankan. Berikut adalah beberapa cara mudah untuk menciptakan tampilan natural cantik alami:

* Bersihkan dan beri pelembap. Karena Anda hanya akan menggunakan makeup seadanya, patut dipastikan bahwa kulit yang terlihat memiliki kecantikan alami dan bersih dari noda. Gunakan pelembap ringan harian untuk menghindari kulit terlihat atau terasa berminyak saat diaplikasikan foundation atau concealer. Selanjutnya, gunakan kuas concealer kecil untuk mengaplikasikan concealer berwarna kekuningan untuk menutup bayangan hitam di bawah mata, mencerahkan mata dan wajah. Gunakan concealer yang berwarna kehijauan untuk menutup kulit kemerahan, khususnya di sekitar hidung dan bibir.

* Aplikasikan foundation. Agar terlihat lebih ringan dan segar, jika Anda akan menggunakan foundation compact, aplikasikan dengan menggunakan spons lembap. Ini akan membuat kulit terlihat lebih lembap dan alami. Setelahnya, bubuhkan bedak tabur pada wajah menggunakan kuas berukuran besar untuk menjaga agar foundation tetap pada tempatnya dan tidak cepat luntur. Bedak tabur lebih ideal digunakan pada hari-hari yang panas, karena akan mencegah keringat menghancurkan riasan Anda.

* Tambahkan eyeshadow netral dengan shimmer atau matte pada kelopak mata. Jika Anda ingin menggunakan warna pada kelopak mata, gunakan warna tanah, seperti kecokelatan, keemasan, plum, atau hijau gelap. Jika ingin menjaga riasan mata minimal, bisa juga aplikasikan eyeliner berwarna cokelat, hitam, atau warna arang di bagian tumbuhnya bulu mata pada kelopak bagian atas.

* Berikan warna pada wajah dengan menggunakan perona pipi atau bronzer. Pemulas pipi bertekstur krem atau gel bekerja lebih efektif, karena dengan mudah digosok pada kulit wajah untuk tampilan natural. Aplikasikan bronzer pada titik-titik yang sekiranya akan memantulkan sinar matahari, misal di bagian atas tulang pipi, dahi, dagu, dan tulang hidung. Berikan pemulas pipi pada tulang pipi ke arah tumbuhnya rambut. Gunakan warna perona pipi yang warnanya mirip pipi setelah dicubit perlahan. Jangan yang terlalu gelap atau terlampau pucat.

* Maskara tepat. Tuntaskan riasan dengan menambahkan maskara dan gunakan sisir kecil khusus untuk mengusir gumpalan-gumpalan maskara membandel. Cukup aplikasikan maskara satu kali saja untuk membuatnya tetap terlihat natural. Tambahkan lipgloss untuk memberi efek berkilau dan sedikit warna pada bibir. Cukup pilih warna satu tingkat di atas warna bibir Anda.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.