Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

11 Tewas akibat Banjir di Perancis

Kompas.com - 16/06/2010, 16:22 WIB

DRAGUIGNAN, KOMPAS.com — Sedikitnya 11 orang tewas di Perancis selatan, Rabu (16/6/2010), akibat hujan lebat yang kemudian memicu banjir bandang. Banjir juga menyebabkan mobil-mobil terjungkir balik di jalanan, warga terpaksa mencari tempat aman di atap rumah, kereta api cepat terjebak, serta ratusan rumah terendam.

Sejak Selasa malam, regu penyelamat telah membantu ratusan orang yang terjebak dalam kendaraan, dalam rumah-rumah atau di atap rumah. Sejumlah helikopter juga dikerahkan untuk mengangkut penduduk ke tempat aman di daerah Draguignan, di Pantai Mediterania.

Hujan lebat, Selasa, menyebabkan permukaan air naik dengan cepat di wilayah tersebut. Banyak warga bahkan tak sempat melarikan diri ke tempat yang lebih tinggi. Mereka terpaksa mencari tempat berlindung di atap rumah.

Pihak berwenang di Var mengatakan, korban tewas 11 orang dan dua orang hilang. "Kami belum pernah melihat hal seperti ini dalam satu dekade terakhir," kata seorang pejabat tinggi Var, Hugues Parant.

Akibat banjir itu, sekitar 200.000 rumah hidup tanpa listrik, sebuah kereta api cepat juga terjebak bersama 300 penumpangnya dalam perjalanan dari Nice ke Lille.  Jawatan kereta api Perancis, SNCF, menghentikan semua layanan kereta api antara Toulon dan Saint-Raphael sampai Kamis, karena sekitar tiga-kilometer rel di jalur itu terendam banjir.

Presiden Perancis Nicolas Sarkozy telah menyampaikan ucapan belasungkawa bagi keluarga korban. Ia juga menyampaikan dukungan bagi regu penyelamat yang telah bekerja nonstop untuk memberikan bantuan dan menemukan mereka yang masih hilang.

Kepala Operasi Darurat Corinne Orzechowski mengatakan, curah yang turun sejak Selasa mencapai lebih dari 30 cm dan itu menyebabkan permukaan air naik ke tingkat yang mengkhawatirkan di jalan-jalan di Draguignan, sebuah kota berpenduduk sekitar 40.000 orang. "Pagi ini, kami bangun untuk menemukan sebuah kota yang hancur, (kami) sangat terpukul dengan mobil yang jungkir balik dan mengambang di jalan-jalan, jalanan serta rumah-rumah juga rusak,"  kata Orzechowski seperti dikutip AFP.

Lebih dari 1.000 orang terlibat dalam operasi darurat, yang didukung sembilan helikopter dan 15 perahu. "Kami masih dalam fase penyelamatan sebelum sampai fase ke pembersihan," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com