Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ayo, Jangan Berobat ke Luar Negeri

Kompas.com - 16/06/2010, 13:19 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono mengimbau warga untuk tidak berobat ke luar negeri dan lebih memilih pengobatan di rumah sakit dalam negeri.

"Warga sebaiknya mendahulukan berobat di negeri sendiri sebelum memutuskan mencari pengobatan ke negara lain," kata Agung Laksono pada acara pembukaan Munas Ke-4 Asosiasi Rumah Sakit Daerah Seluruh Indonesia (ARSADA) di Jakarta, Rabu (16/6/2010).

Agung menjelaskan, selama ini ada kecenderungan sebagian masyarakat lebih memilih berobat ke luar negeri karena menilai pelayanan kesehatan di sana lebih baik. Padahal, menurut Agung, kepercayaan masyarakat Indonesia terhadap rumah sakit lokal akan membantu tumbuh kembangnya pelayanan kesehatan yang berkualitas di dalam negeri.

Meski demikian, Agung juga mengakui bahwa keputusan warga untuk memilih lokasi pengobatan ditentukan oleh kualitas dan jaminan pelayanan kesehatan yang baik. Untuk itu, ia juga mengimbau rumah sakit di seluruh Indonesia untuk terus membangun dan menumbuhkan kepercayaan masyarakat sehingga mereka dapat berobat dan mendapatkan pelayanan kesehatan terbaik di negara sendiri tanpa harus berobat ke negara lain.

Rumah sakit juga diharapkan memiliki daya saing yang semakin tinggi pada era globalisasi dengan menjadi penyedia jasa pelayanan kesehatan yang produktif dan inovatif, didukung sumber daya manusia yang menguasai manajemen perumahsakitan, ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran, cerdas mengambil peluang, serta berani menghadapi perubahan.

Ia juga mengharapkan semua rumah sakit bersama-sama dengan pemerintah terus menjaga dan memperkuat kemandirian guna menjadi penyedia jasa pelayanan kesehatan berkualitas yang mengutamakan kepentingan masyarakat, khususnya masyarakat miskin, agar segera terwujud kesejahteraan rakyat.

"Dengan adanya kemandirian, daya saing, dan kepercayaan masyarakat yang tinggi, rumah sakit daerah akan mampu menghadapi berbagai tantangan dan cobaan betapapun beratnya sehingga kelak rumah sakit daerah akan menjadi penyedia jasa pelayanan kesehatan yang maju dan unggul," kata Agung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com