Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perancis Tetap Perangi Taliban

Kompas.com - 11/06/2010, 00:31 WIB

CHARLES DE GAULLE, KOMPAS.com - Presiden Nicolas Sarkozy pada Kamis (10/6/2010) berjanji bahwa Perancis akan tetap melawan Taliban dan Al Qaeda setelah seorang tentara ke-43 P3rancis tewas di Afganistan pada pekan ini. "Perancis tidak bisa melepas perjuangan melawan terorisme dan teroris," kata Sarkozy setelah menjelajahi kapal induk utama Prancis, Charles de Gaulle, yang berlabuh di lepas pantai Toulon, Perancis selatan.     "Kita harus membantu rakyat Afganistan sampai mereka mampu menjamin keamanan dan pembangunan mereka," katanya.

"Kita harus tetap melawan Taliban dan Al Qaeda," imbuhnya.     Seorang bintara Perancis tewas dan tiga tentara lain luka akibat serangan roket anti-tank oleh kelompok Taliban di Afganistan timur pada Senin.     Korban terkini itu adalah prajurit ke-43 Perancis tewas di Afghanistan sejak penempatan pasukan asing di negara terkoyak perang tersebut pada ahir 2001.     Perancis memiliki sekitar 3.500 prajurit dalam tugas persekutuan pertahanan Atlantik utara NATO di negara itu.     Sarkozy mengumumkan bahwa kapal induk pengangkut pesawat itu akan ditempatkan di wilayah Teluk dan Samudera Hindia sebelum ahir tahun ini.     Sarkozy pada Januari menjelaskan bahwa Perancis tidak akan mengirimkan pasukan tempur tambahan ke Afganistan, namun mengirimkan petugas bukan tempur tambahan guna melatih pasukan keamanan Afganistan.     Perancis adalah penyumbang keempat terbesar tentara dari negara Barat dalam membantu pemerintah Afganistan memerangi perlawanan pimpinan Taliban, setelah Amerika Serikat, Inggris, dan Jerman.    

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com