Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kim Jong Il Tunjuk Ipar Pimpin Badan Penting

Kompas.com - 09/06/2010, 04:44 WIB

Seoul, Selasa - Harian Korea Utara, Selasa (8/6), memberitakan sekaligus memasang gambar-gambar para pejabat senior, yang sudah ditunjuk anggota parlemen melalui sebuah pertemuan yang langka sehari sebelumnya.

Saudara ipar Kim Jong Il ditunjuk sebagai pemimpin kedua di sebuah lembaga kunci. Seorang perdana menteri juga telah ditunjuk.

Harian Rodong Sinmun, Pyongyang, menurunkan berita soal pergantian itu, yang kemudian diberitakan televisi APTN.

Gambar pemimpin Korut itu dipajang bersama sejumlah pejabat senior. Kim diduga kuat mengalami stroke dua tahun lalu.

Gambar Perdana Menteri baru, Choe Yong Rim, dan iparnya Kim Jong Il (68), bernama Jang Song Thaek, juga dipajang di halaman dalam. Jang, suami dari saudari termuda Kim, ditunjuk sebagai Wakil Ketua Komisi Pertahanan Nasional, sebuah badan strategis dan tergolong penting di negara itu. Badan ini berperan mengeluarkan kebijakan di bidang keamanan. Kim Jong Il tetap berperan sebagai ketua komisi itu.

Pengganti dipersiapkan

Jang diyakini akan menjadi pendukung utama Kim Jong Un, putra tertua Kim Jong Il. Kim Jong Un diyakini sedang dipersiapkan untuk menggantikan ayahnya di kemudian hari.

Jang juga diduga akan mendampingi serta memberi wejangan kepada Kim Jong Un. ”Dengan posisinya sebagai orang nomor dua di badan pertahanan, Jang tampaknya telah diberi tanggung jawab penuh untuk mempersiapkan suksesi,” kata Yang Moo-jin, seorang profesor dari University of North Korean Studies di Seoul, Selasa (8/6).

Jika itu benar akan terjadi, berarti sejak 1972 Korut dipimpin kakek hingga cucu. (AP/DI)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com