Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nikaragua Putuskan Hubungan Diplomatik

Kompas.com - 02/06/2010, 13:51 WIB

MANAGUA, KOMPAS.com — Nikaragua memutuskan hubungan diplomatik dengan Israel. Mereka menjadi negara pertama yang mengambil keputusan sebagai bentuk protes terhadap penyerangan Israel terhadap misi kemanusiaan di Kapal Mavi Marmara.

"Nikaragua memutuskan hubungan diplomatiknya mulai hari ini dengan pemerintah Israel," kata Ketua Komunikasi Rosario Murillo, istri Presiden Daniel Ortega, dalam sebuah pernyataan di Radio Ya.

Pemerintah Nikaragua meyakini, serangan terhadap misi kemanusiaan merupakan pelanggaran terhadap hukum internasional dan kemanusiaan. Mereka pun lantas menegaskan dukungannya kepada rakyat Palestina dan mendesak agar blokade atas Jalur Gaza diakhiri.

Nikaragua pernah memutuskan hubungan diplomatik dengan Israel tahun 1979 ketika Ortega berkuasa untuk kali pertama setelah memimpin revolusi Sandinista yang berhaluan kiri. Hubungan itu dipulihkan kembali oleh penggantinya, Violeta Chamoro, setelah terpilih tahun 1990.

Tindakan itu membawa Nikaragua segaris dengan rezim-rezim kiri di Amerika Latin. Venezuela dan Bolivia memutuskan hubungan dengan Israel tahun 2009 sebagai protes terhadap serangan Israel di Jalur Gaza. Adapun Kuba sudah memutuskan hubungan dengan negara Yahudi itu sejak 1973.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com