Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapal Misi Abaikan Perintah Israel

Kompas.com - 31/05/2010, 12:40 WIB

JERUSALEM, KOMPAS.com — Para aktivis pro-Palestina dalam konvoi sembilan kapal yang berlayar ke Jalur Gaza telah mengabaikan perintah Angkatan Laut Israel untuk kembali.

Seorang pejabat Israel, yang menolak disebutkan namanya, Senin (31/5/2010), mengatakan, pejabat di kapal angkatan laut Israel telah mengatakan kepada para aktivis itu melalui radio bahwa pilihan lain satu-satunya bagi mereka adalah menuju ke Pelabuhan Ashdod di Israel untuk membongkar sekitar 10.000 ton bantuan yang akan dikirim ke Gaza.

"Kami telah berkomunikasi dengan mereka dengan menggunakan radio, menjelaskan bahwa mereka telah menuju ke arah tempat yang tertutup bagi lalu lintas maritim," kata pejabat itu.

Konvoi yang dipimpin oleh kapal Turki dengan 600 orang di atasnya itu berangkat dari perairan internasional di lepas pantai Siprus, Minggu, sebagai protes terhadap blokade pimpinan-Israel atas Jalur Gaza.

"Kami telah mengatakan bahwa mereka akan disambut masuk dok di Israel, tempat semua barang kemanusiaan mereka akan dikirim ke Jalur Gaza," jelas pejabat itu. "Armada kecil itu mengabaikan peringatan."

Gambar video langsung dari salah satu kapal menunjukkan, para aktivis mengenakan rompi dan seseorang mengatakan, ia dapat melihat kapal angkatan laut Israel di sekitarnya. Ia menjelaskan, Angkatan Laut Israel telah menghubungi kapten kapal dan memerintahkannya untuk memutar haluan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com