Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seni Menginspirasi Fashion Indonesia

Kompas.com - 30/05/2010, 02:55 WIB

TVER, RUSIA, KOMPAS.com--Misi kesenian Indonesia di luar negeri makin marak dengan bergabungnya dunia mode khususnya para disainer dan pragawati Indonesia dalam berbagai festival kebudayaan Indonesia di berbagai negara.

Wakil Ketua Yayasan Sulam Indonesia Kuntari Sapta Nirwandar yang mengkoordinir para disainer Indonesia dalam festival Budaya Indonesia di Moskow, Rusia kepada koresponden Antara London, Sabtu mengatakan dunia mode tidak lepas dari kebudayaan dan kesenian Indonesia.

Dikatakannya dalam Festival Budaya Indonesia Culture yang digelar di tiga kota di Rusia yaitu Moskow, Tver dan St Petersburg, Yayasan Sulan Indonesia mengajak tiga disainer untuk meramaikan festival yang berlangsung dari tanggal 24 hingga 31 Mei mendatang.

Dalam Festival Budaya Indonesia di kota Tver selain menampilkan pertunjukan kesenian berupa tari tarian juga digelar peragaan busana karya disainer terkemuka Indonesia seperti Stephanus Hamy yang menampilkan sulam tapis dari daerah Lampung di Sumatra.

Disainer Didi Budiarjo mengangkat tema Pilgrimage yang diinspirasikan oleh Ballet Russes pimpinan Diaghilev dan designer nya Leon Bakst, dan Matryoschka dan Babouschka, dengan memakai aneka kain tenun Indonesia.

Selain itu juga digelar peragaan busana rancangan Tuti Cholid yang merupakan persembahan dari Yayasan Sulam Indonesia didukung pragawati dari Indonesia Nien Indriyati dan Laurensia Muljadi serta beberapa pragawati dari Moskow.

Kelompok Musik "Indonesia Ethnic Ansamble" dengan art director Dwiki Darmawan mengiringi para penari dan pragawati di atas pentas serta mempersembahkan ansamble musik ektik yang menjadi pertunjukan yang menarik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com