Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Negara Teluk Cemaskan Nuklir Iran

Kompas.com - 25/05/2010, 19:19 WIB

ABU DHABI, KOMPAS.com — Negara-negara Teluk Arab sependapat dengan negara-negara Barat yang cemas terhadap program nuklir Iran, kata Kanselir Jerman Angela Merkel, Selasa.

"Ada kesepakatan besar mengenai kecemasan di antara penduduk di sini," kata Merkel di Abu Dhabi setelah bertemu dengan para pemimpin Uni Emirat Arab dalam kunjungan ke kawasan itu, Selasa (25/5/2010).

"Itu adalah jelas bagaimana orang-orang itu ingin melihat Iran tidak berupaya untuk memiliki senjata-senjata nuklir," katanya menambahkan.

Negara-negara kuat Barat telah membuat rancangan keempat resolusi sanksi PBB terhadap Iran di tengah kekhawatiran bahwa negara Republik Islam itu berencana untuk memiliki senjata-senjata atom.

Namun, Teheran sejauh ini berkali-kali menegaskan bahwa program pengayaan uraniumnya adalah untuk keperluan damai, yaitu reaktor riset medisnya.

Teheran juga menegaskan, program nuklirnya semata-mata untuk mencukupi kebutuhan energi rakyatnya. Namun, negara-negara Barat menuding Iran menggunakan program nuklir sipilnya sebagai kedok untuk pembuatan senjata.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com