Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kartun Nabi Picu Kemarahan di Afsel

Kompas.com - 21/05/2010, 23:54 WIB

JOHANNESBURG, KOMPAS.com - Sebuah suratkabar mingguan Afrika Selatan (Afsel), Jumat (21/5), mempublikasikan kartun Nabi Muhammad dan menyatakan pengikutnya tidak memiliki rasa humor.

Publikasi yang provokatif itu memicu kemarahan warga Muslim dan meningkatnya kekhawatiran akan adanya serangan balasan saat Piala Dunia nanti. Afsel akan menjadi tuan rumah turnamen sepakbola paling bergengsi di dunia selama satu bulan mulai 11 Juni. Polisi negara itu telah berikrar untuk melindungi 300.000 warga asing yang diperkirakan menghadiri Piala Dunia tersebut.

Suratkabar Mail & Guardian membublikasikan satu sketsa yang diperbarui oleh kartunis Afsel, setelah pengadilan menolak permintaan kelompok advokasi Muslim untuk memerintahkan suratkabar tersebut tidak menerbitkan kartun Nabi Muhammad. Kartun itu melukis Nabi Muhammad dan mengatakan para pengikut Nabi itu tidak memiliki rasa humor. Pelukisan Nabi Muhammad dilarang dalam ajaran Islam.

Tahun 2005, suratkabar Denmark mempublikasikan kartun Nabi Muhammad yang menimbulkan protes dari umat Muslim di seluruh dunia.

Dewan Pengadilan Muslim Afsel (Muslim Judicial Council/MJC) mengatakan, pihaknya akan bertemu untuk mendiskusikan kartun yang dinilai sangat melukai hati umat Muslim itu. "Kartun Nabi itu tampaknya sengaja dibuat untuk memrovokasi penduduk Muslim Afsel menjelang Piala Dunia. Padahal kami semua menginginkan kedamaian dan kenyamanan selama perhelatan itu," kata Presiden MJC, Ihsaan Hendricks.

Sekitar 1,5 persen penduduk Afsel beragama Islam dan mereka sangat berintegrasi baik dalam masyarakat Afsel.

Radio 702 yang berpusat di Johannesburg melaporkan, suratkabar Mail & Guardian menyatakan tidak bertanggungjawab atas penerbitan kartun itu menjelang pelaksanaan Piala Dunia.

Seorang pengikut Al Qaeda yang ditangkap di Irak, Senin, mengatakan ia merasa terpanggil untuk menyerang tim Denmark dan Belanda di Piala Dunia nanti karena kedua negara itu melecehkan Nabi Muhammad dengan penyebaran kartun Nabi Muhammad.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com