Tifatul Minta ISP Blokir Akun Lomba Kartun

Kompas.com - 20/05/2010, 13:11 WIB
Editormbonk

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring di Jakarta, Kamis (20/5/2010), meminta ISP dan Awari untuk memblokir alamat akun  "Everybody Draw Mohammed Day" di situs jejaring sosial Facebook. Laman kontes yang mengajak orang untuk membuat gambar Nabi Muhammad SAW itu menghina agama Islam.

Laman itu melanggar Undang-Undang Nomor 36 Tahun 1999 tentang Telekomunikasi Pasal 21 dan UU No 11/2008 Pasal 28 Ayat 2 tentang ITE soal pelarangan penyebaran informasi kebencian dan permusuhan terhadap individu atau masyarakat atas dasar suku, agama, dan ras.

"Pemerintah juga mengajak ISP (internet service provider) dan Awari atau asosiasi pengusaha warnet Indonesia untuk memblokir situs tersebut," ujar Tifatul di Jakarta, Kamis.

Menkominfo mengungkapkan, pihaknya telah mengirimkan surat protes kepada pengelola Facebook agar mereka segera menutup akun teresebut. Menurut Tifatul, laman "Everybody Draw Mohammed Day" sangat provokatif dan telah mengganggu kerukunan ketenteraman kehidupan beragama. Bahkan, gambar-gambarnya banyak yang menghina Nabi Muhammad.

Selanjutnya, Tifatul mengimbau seluruh pengguna internet dan masyarakat umum bersama-sama secara sadar untuk memerangi situs-situs lain yang berbau pornografi, perjudian, penipuan, kekerasan, pembohongan, dan situs yang memiliki konten negatif lainnya.

"Kebebasan tidak boleh mengganggu kebebasan orang lain. Juga larangan penghinaan terhadap setiap agama apa pun. Kita harus mengembangkan sikap saling menghargai dan menghormati keyakinan orang lain, dan mengimbau jangan menggunakan kekerasan dalam menanggapi kasus ini. Jika mereka keberatan, laporkan saja ke pengadilan berdasarkan undang-undang tadi. Kita selesaikan permasalahan lewat jalur hukum," ujarnya.

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.