Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UE: Perjanjian Nuklir Iran Tak Tuntas

Kompas.com - 17/05/2010, 23:29 WIB

BRUSSELS, KOMPAS.com - Perjanjian pertukaran bahan bakar nuklir yang ditandatangani Iran, Senin (17/5), tidak menjawab semua kekhawatiran yang ditimbulkan program nuklir negara itu.

"Jika perjanjian yang dilaporkan ini memberi hasil, tentu saja kami menyambut langkah itu," kata Kepala Urusan Luar Negeri Uni Eropa, Catherine Ashton, melalui seorang jurubicaranya. "Ini langkah di arah yang besar, tapi tidak menjawab semua kekhawatiran yang timbul di balik program nuklir Iran," katanya.

Iran telah menandatangani perjanjian dengan anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB, Turki dan Brazil, Senin, untuk mengapalkan 1.200 kg uraniumnya yang telah sedikit diperkaya ke Turki untuk ditukar kemudian dengan bahan bakar reaktor nuklir.

Presiden Iran, Mahmoud Ahmadinejad, mengatakan, Senin, ia mengharapkan negara-negara besar di dunia akan memulai pembicaraan dengan Teheran menyusul pengumuman tentang perjanjian itu. Negara-negara besar Barat yang dipimpin AS telah berusaha selama beberapa tahun untuk mengekang ambisi atom Iran, menduga republik Islam itu mungkin berusaha secara rahasia untuk mengembangkan senjata nuklir, tuduhan yang dibantah Iran.

Mereka mengikuti diplomasi dua cara, pembicaraan dan sanksi, tapi telah tidak mengadakan pembicaraan dengan Iran sejak Oktober lalu ketika perjanjian yang diperantarai PBB untuk mengapalkan uranium Iran ke luar negeri dibicarakan.

Satu sumber diplomatik Eropa menyatakan, perjanjian yang diumumkan itu tidak menghentikan opsi sanksi. "Ini tidak mengesampingkan perlunya sanksi lagi," tegas diplomat tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com