Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertemuan Molor Dua Hari

Kompas.com - 17/05/2010, 18:37 WIB

RAMALLAH, KOMPAS.com - Pertemuan antara Presiden Palestina Mahmoud Abbas dan utusan Amerika Serikat untuk Timur Tengah George Mitchell ditunda Rabu (19/5/2010), kata ketua perunding Palestina, Senin.
    
Pertemuan pertama seperti itu sejak perundingan perdamaian tidak langsung dengan Israel yang secara resmi diluncurkan 9 Mei menurut rencana akan diselenggarakan Selasa tetapi ditunda, kata Saeb Erakat kepda AFP, Senin tanpa merinci lebih jauh.
   
Para pejabat AS mengatakan Mitchell diperkirakan akan berada di kawasan itu pekan ini tetapi mereka belum mengatakan kapan ia akan tiba atau mengeluarkan rincian mengenai rencananya.
    
Mitchell meninggalkan kawasan itu sepekan lalu setelah meyakinkan Israel dan Palestina untuk melakukan babak awal dari perundingan yang ditengahi Amerika Serikat itu.
    
Perundingan-perundingan tidak langsung itu pertama kali disepakati Maret tetapi prakarsa itu gagal beberapa hari kemudian ketika Israel mengumumkan rencana untuk membangun 1.600 rumah di Jerusalem timur yang dicaploknya dalam kunjungan Wakil Presiden AS Joe Biden.
   
Palestina akhirnya setuju berunding setelah menerima jaminan dari AS bahwa proyek perumahan itu akan dibekukan.
   
Jerusalem dan permukiman-permukiman Yahudi termasuk di antara masalah-masalah paling rumit dalam usaha mencapai perjanjian perdamaian.
   
Israel, yang menduduki Jerusalem timur tahun 1967 dan kemudian mencaploknya menganggap Kota Suci itu ibu kotanya "yang tidak bisadibagi dua", sementara Palestina menganggap Jerusalem timur sebagai ibu kota negara mereka.
    
Putaran terakhir perundingan langsung antara kedua pihak ambruk Desember 2008 ketika Israel melancarkan perang di Jalur Gaza dalam usaha menghentikan serangan roket Palestina yang ditujukan ke kota-kota Israel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com