Ikan Raksasa Ditemukan 130 Tahun Lalu

Kompas.com - 16/05/2010, 09:08 WIB
Editorbnj

STOCKHOLM, KOMPAS.com — Panjangnya luar biasa. Jarang ada ikan herring yang memiliki panjang badan hingga 3,5 meter.

Ikan herring raksasa ini ditemukan di lepas pantai Swedia barat.

"Ikan herring pertama yang berukuran hampir sama ditemukan di Swedia sekitar 131 tahun yang lalu," kata pihak museum kelautan.

Regalecus glesne yang dikenal sebagai raja herring atau oarfish raksasa ini ditemukan dalam kondisi mati di satu desa kecil nelayan, Bovallstrand, di pantai Swedia barat, sekitar 90 kilometer dari perbatasan Norwegia.

"Ada sesuatu yang besar mengambang. Mula-mula kami kira itu adalah potongan plastik besar. Tetapi setelah kami amati, ternyata ada matanya. Saya kemudian mendekat dan memeriksa sosok ikan yang sangat aneh tersebut," kata Kurt Ove Eriksson, pria yang menemukan hewan itu, kepada harian Svenska Dagbladet.

Ikan Regalecus termasuk binatang langka. Ikan tersebut memiliki tulang yang panjangnya bisa mencapai 12 meter.

"Terakhir kali, raja herring ditemukan di Swedia pada 1879," ujar pihak museum House of Sea di Lysekil, tempat ikan tersebut dibawa.

"Kami tidak banyak tahu mengenai spesies ini. Namun, kami percaya bahwa hewan tersebut hidup di laut dalam, setidaknya pada kedalaman 1.000 meter. Banyak orang percaya ikan itu berasal dari mitologi naga laut atau kisah mitologi hewan laut seperti Monster Loch Ness," katanya.

"Ikan yang sudah mati dan dibekukan di museum ini memiliki luka di sepanjang badannya serta kehilangan sirip punggungnya yang khas dan indah," kata pihak museum.

Kini ikan tersebut menjadi koleksi tambahan pihak museum, untuk jenis monster laut, yang rencananya akan dipamerkan akhir tahun ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.