Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Satu Tentara Romania Tewas

Kompas.com - 12/05/2010, 16:58 WIB

BUKAREST, KOMPAS.com — Seorang tentara Romania, Rabu (12/5/2010), tewas di Afganistan setelah mengalami luka parah akibat ledakan ranjau darat, kata Kementerian Pertahanan di Bukarest.
   
Petugas berumur 31 tahun itu dihantam oleh ledakan pada saat menjalankan misi di provinsi selatan Zabul, kata seorang juru bicara kementerian pertahanan kepada AFP.
   
Romania mengirimkan 1.123 prajurit ke Afganistan, sebagian besar bertugas di bawah pimpinan Pasukan Bantuan Keamanan Internasional (ISAF) NATO.
   
Sehari sebelumnya, serangan bom menewaskan dua tentara persekutuan pertahanan  Atlantik utara NATO di negara itu, kata tentara.
   
Kematian itu menjadikan 189 jumlah tentara asing tewas di Afganistan pada tahun ini.
   
Kedua tentara NATO itu, satu di antaranya serdadu Inggris, tewas akibat serangan terpisah pada Minggu.
   
Sebagian besar dari korban itu tentara Amerika Serikat, dengan negara adidaya tersebut menyumbang sebagian besar dari 130.000 serdadu asing di Afganistan.
   
Jumlah tentara asing yang berupaya memerangi pejuang Taliban akan memuncak menjadi 150.000 pada Agustus, saat perang menghebat, dan terpusat di provinsi kubu Helmand serta Kandahar, di Afganistan selatan.
   
Pada 2009, 520 tentara asing kehilangan nyawa dalam kekerasan itu, membuat tahun tersebut paling mematikan sejak rezim Taliban digulingkan pada 2001.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com