Kapal Terbalik, 20 Tewas di Kongo

Kompas.com - 07/05/2010, 04:25 WIB
Editoraegi

KINHASA, KOMPAS.com - Sedikitnya 20 orang tewas dan 60 orang lagi dikhawatirkan mengalami nasib serupa setelah sebuah kapal terbalik di wilayah timur Republik Demokratis Kongo (DRC).

Sejumlah pejabat PBB dan Palang Merah, Kamis (6/5), mengatakan, pasukan penjaga perdamaian PBB dan pihak berwenang setempat masih mencari korban-korban yang selamat setelah kapal yang mengangkut sekitar 120 orang di sebuah sungai di provinsi Maniema, DRC timur, itu terbalik, Rabu.

"Sebuah kapal besar terbalik dan 20 orang tewas," kata Jacques Katshishi, sekretaris jendral Palang Merah Kongo, kepada Reuters, tanpa penjelasan lebih lanjut.

Seorang jurubicara misi penjaga perdamaian PBB di Kongo mengkonfirmasi kecelakaan kapal itu. "Itu terjadi kemarin. Diperkirakan sekitar 80 orang tewas. Ada sekitar 120 orang di kapal itu," kata juru bicara misi PBB Madnodje Mounoubai.

Jalan-jalan raya dan jalur kereta-api di Kongo rusak setelah terabaikan puluhan tahun, sehingga orang terpaksa menggunakan angkutan sungai untuk melakukan perjalanan di negara Afrika tengah yang luas itu. Belum ada alasan yang diberikan bagi musibah Rabu itu, namun kelebihan beban seringkali dituding sebagai penyebab kecelakaan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.