Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Tewas dalam Kerusuhan di Yunani

Kompas.com - 06/05/2010, 01:14 WIB

ATHENA, KOMPAS.com — Tiga orang tewas, termasuk seorang perempuan hamil, di Athena, Yunani, Rabu (5/5/2010), akibat kebakaran dalam sebuah gedung bank. Kebakaran terjadi karena seorang perusuh bertopeng melemparkan bom molotov ke dalam gedung bank.

Tindakan pemuda bertopeng itu merupakan bagian dari aksi protes ribuan warga Athena yang turun ke jalan-jalan. Mereka menentang program penghematan pemerintah dan rencana peningkatan pajak demi menyehatkan keuangan negara itu. Aksi protes yang menelan korban jiwa tersebut merupakan kekerasan terburuk yang melanda negara itu sejak kerusuhan tahun 2008.

Saat kebakaran terjadi terdapat sekitar 20 orang dalam gedung bank itu. Rabu sore waktu setempat regu pemadam kebakaran masih melakukan aksi penyelamatan, tetapi api sudah bisa dikendalikan.

Dua gedung pemerintahan di wilayah lain di ibu kota Yunani itu juga dibakar, jelas seorang juru bicara polisi. Pelaku juga melemparkan bom api ke dalam gedung.

Ribuan orang mengadakan aksi demo di jalan-jalan Kota Athena untuk menentang RUU pemotongan anggaran dan peningkatan pajak yang baru saja diumumkan pemerintah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com