Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Taiwan Eksekusi Mati Empat Tahanan

Kompas.com - 01/05/2010, 02:16 WIB

TAIPEI, KOMPAS.com - Taiwan Jumat (30/4/2010) mengeksekusi empat orang, dalam kasus hukuman mati pertama di pulau itu sejak 2005 ketika hukuman mati menjadi masalah politik yang sensitif.

Menurut kementerian kehakiman, dalam penyataannya, empat tawanan yang dihukum karena kejahatan terkait dengan kasus pembunuhan itu dieksekusi Jumat malam, setelah perdebatan cengeng beberapa tahun yang membuat kepala kementerian tersebut mundur bulan lalu sebagai protes.

"Kementerian kehakiman memberikan perintah hukuman mati bagi keempat orang itu pada 28 April dan perintah itu dilakukan pada 30 April," kata pernyataan on-line itu.

Bekas Menteri Kehakiman Wang Ching-feng dan Amnesty International telah mendesak Presiden Taiwan Ma Ying-jeou untuk membatalkan hukuman mati itu.

Penghapusan perundangan itu, yang didukung secara luas, dapat merugikan pemerintah menjelang pemilihan lokal November.

Empatpuluh tawanan lagi berada dalam daftar hukuman mati, kata kementerian itu Jumat. Sekitar 500 tawanan telah dieksekusi antara 1987 dan 2005.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com