Dubes Inggris di Yaman Lolos dari Bom

Kompas.com - 26/04/2010, 16:05 WIB
Editoraegi

LONDON, KOMPAS.com — Duta Besar Inggris untuk Yaman, Timothy Torlot, selamat dari serangan bom bunuh diri, Senin (26/4/2010). Kantor Kedutaan Besar Inggris di Sanaa pun langsung ditutup dan warga Inggris diimbau untuk menjaga diri.

Timothy Torlot tidak mengalami cedera dalam serangan bom itu, tetapi seorang pengebom bunuh diri tewas ketika ia mengarahkan serangannya terhadap iring-iringan Dubes Torlot, kata seorang pejabat keamanan Yaman. "Kami dapat mengonfirmasikan bahwa telah terjadi insiden di Sanaa pagi ini, Senin," kata seorang juru bicara Kementerian Luar Negeri Inggris di London.

"Telah terjadi ledakan kecil di samping mobil duta besar, tetapi beliau tidak cedera. Begitu pula, tidak ada staf Kedubes atau warga Inggris yang terluka. Kedutaan Besar Inggris di Yaman masih ditutup untuk publik pada saat ini. Kami mengimbau semua warga Inggris di Yaman tetap menjaga diri dan tetap waspada," lanjut pernyataan itu.

Kedutaan Besar Inggris dan Amerika Serikat ditutup beberapa hari pada Januari lalu menyusul indikasi bahwa gerilyawan Al Qaeda cabang Yaman mengarahkan sasaran serangan terhadap kepentingan-kepentingan Barat di negeri Jazirah Arab itu. Yaman menjadi sorotan dunia ketika Al Qaeda mengklaim bahwa pihaknya mendalangi serangan bom yang gagal terhadap pesawat penumpang AS pada Hari Natal tahun lalu. Pada akhir Desember lalu, Al Qaeda mengklaim telah memberi anggotanya warga Nigeria peralatan canggih untuk usaha peledakan bom terhadap pesawat penumpang AS tersebut.

Serangan bom di Kedubes Inggris itu menimbulkan kekhawatiran bahwa Yaman akan akan terpuruk menghadapi gerilyawan Syiah di wilayah utara dan gerakan separatis di wilayah selatan, di samping serangan-serangan yang dilancarkan Al Qaeda.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.