Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Uskup Jerman Ajukan Pengunduran Diri

Kompas.com - 22/04/2010, 16:32 WIB

BERLIN, KOMPAS.com — Seorang uskup Katolik Jerman yang konservatif dan berpengaruh menulis surat pengunduran diri kepada Paus Benediktus XVI di tengah sengitnya tuduhan terhadapnya terkait dugaan penyiksaan fisik dan penyimpangan keuangan.

Keuskupan Augsburg, Jerman, Kamis (22/4/2010), dalam sebuah pernyataan mengemukakan, Uskup Walter Mixa telah menulis sebuah surat kepada Sri Paus, Rabu. Surat itu berisi permohonan pengunduran diri Mixa sebagai uskup sehingga memungkinkan sebuah "awal baru" bagi keuskupannya. Dia mengatakan, dirinya akan
bekerja sama secara penuh dengan penyelidik dan menawarkan permintaan maaf.

"Saya meminta pengampunan dari semua orang yang mungkin telah saya perlakukan tidak adil dan dari mereka yang telah saya buat sakit hati," tulis Mixa. Ia mengakui, ia sepenuhnya menyadari kelemahannya.

Vatikan tidak mengomentari kemungkinan pengunduran diri Mixa.

Mixa dituduh memukuli anak-anak ketika masih sebagai imam beberapa dekade lalu. Pada awalnya dia membantah pernah menggunakan kekerasan terhadap anak-anak, tetapi kemudian mengakui bahwa dia mungkin telah menampar anak-anak itu.

Meski kasus Mixa tidak ada kaitannya dengan tuduhan pelecehan seksual, ia telah menjadi anggota kunci Konferensi Uskup Jerman lebih dari satu dekade. Bantahan awalnya soal kekerasan fisik itu memicu terjadinya frustrasi di kalangan umat Katolik Jerman yang melihatnya bahwa penyangkalan itu merupakan bukti bahwa gereja tidak mau berbenah diri dari persoalan pelecehan.

Kasus Mixa bertambah runyam karena seorang penyelidik khusus telah menemukan adanya penyimpangan keuangan di sebuah rumah penampungan anak-anak yang berada di bawah tanggung jawabnya pada waktu hampir bersamaan dengan terjadinya tuduhan penyiksaan fisik itu. Mixa mengatakan dalam suratnya, ia akan mendukung upaya "investigasi menyeluruh" terhadap semua tuduhan.

Media Jerman melaporkan, Rabu, ketua konferensi uskup Jerman telah mendesak Mixa mengambil cuti hingga tuduhan atas dirinya jelas. Kantor berita DDP melaporkan, Uskup Agung Robert Zollitsch mengatakan, dia beberapa kali melakukan pembicaraan telepon dengan Mixa pada beberapa hari terakhir untuk membahas bagaimana berkontribusi untuk menenangkan diri dari situasi sulit saat ini di Keuskupan Augsburg.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com