Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Brasil Minta Dua Warganya Tidak Dieksekusi

Kompas.com - 20/04/2010, 12:53 WIB

BRASILIA, KOMPAS.com — Brasil meminta Indonesia untuk menyelamatkan nyawa dua penyelundup narkoba asal Brasil yang dijatuhi hukuman mati. Menteri Kehakiman Brasil Luiz Paulo Barreto mengatakan hal itu, Senin (19/4/2010), setelah berbicara dengan Pemerintah Indonesia.

"Kami meminta agar mereka tidak dieksekusi. Ini akan mengejutkan bagi negara kita, mengingat Brasil tidak menerapkan hukuman mati dan tidak pernah ada warga Brasil yang dieksekusi di luar Brasil," katanya dalam sebuah pernyataan.

Barreto mengatakan, ia pernah membahas masalah itu dengan Presiden Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono di Brasil dalam sebuah konferensi PBB tentang pencegahan kejahatan.

Kedua warga Brasil itu adalah peselancar, yaitu Rodrigo Gularte (37), dan seorang instruktur peselancar angin (windsurfing), Marco Archer Cardoso Moreira (48). Mereka ditangkap ketika mencoba masuk ke Indonesia dengan 19 kilogram kokain yang disimpan di peralatan mereka.

Berdasarkan data Kementerian Kehakiman dan HAM, sebanyak 80 orang asing dari 16 negara telah dijatuhi hukuman mati di Indonesia, termasuk dua orang warga Brasil itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com