Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jepang Memprotes Rencana Suvei Korea Selatan

Kompas.com - 17/04/2010, 02:18 WIB

TOKYO, KOMPAS.com - Jepang mengajukan protes kepada Korea Selatan yang akan melankukan survei geologi di dekat kepulauan sengketa, yang kini di bawah pengawasan Seoul, demikian dikatakan seorang penjabat pemerintah, Jumat (16/4/2010).

Menteri Luar Negeri Jepang, Tetsuro Fukuyama telah menelepon Duta Besar Korea Selatan untuk Jepang, Kwon Chil Hyun, di Tokyo, untuk membuat protes, kata penjabat kementerian luar negeri Jepang.

"Survei itu tak bisa diterima," kata Fukuyama kepada Kwon, yang menyeru segera dihentikannya rencana survei di Laut Jepang (Laut Timur) itu, menurut penjabat tersebut.

Di Seoul, Lembaga Riset dan Pengembangan Laut Korea milik pemerintah, mengumumkan rencana akan mengadakan survei geologi di sekitar wilayah gugus kepulauan yang dikenal sebagai Takeshima di Jepang dan Dokdo di Korea Selatan.

Lembaga itu mengatakan, pihaknya akan melakukan survei antara 15 April sampai 10 Mei. "Contoh-contoh yang diperoleh lembaga kami melalui survei itu akan dipamerkan untuk menarik perhatian publik di Dokdo," kata lembaga itu.

Jepang mengklaim kepulauan itu pada 1905 dan kemudian menganeksasi Semenanjung Korea dari 1910 sampai kekalahan Jepang pada Perang Dunia II pada 1945. Korea Selatan mengatakan kepemilikannya atas kepulauan itu sudah sejak berabad-abad lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com