Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Israel Izinkan Pengapalan Material Bangunan

Kompas.com - 16/04/2010, 05:32 WIB

GAZA CITY, KOMPAS.com - Israel mengizinkan pengapalan material bangunan ke Gaza untuk pertama kalinya dalam tiga tahun, demikian dilaporkan pejabat Palestina.

"Enam truk bermuatan kayu dan alumunium masuk wilayah pantai itu melalui perlintasan Kerem Shalom di selatan," ujar pejabat pabean Palestina Raed Fattuh pada AFP.

"Itu barang Palestina milik para pedagang dan telah disimpan di pelabuhan ini sejak pertengahan 2007," jelas Fattuh.

Menurut Fattuh, Israel telah memutuskan mengizinkan pengapalan kayu dan alumunium ke Gaza setiap hari kecuali Jumat dan Sabtu.

Pada 4 April, Israel mensahkan masuknya, untuk pertama kalinya dalam dua tahun, 10 truk yang membawa pakaian dan sepatu untuk penduduk wilayah kantung miksin itu, yang jumlahnya sekitar 1,5 juta.

Negara Yahudi itu telah menutup wilayah tersebut dari semua kecuali bantuan pokok sejak gerakan Islam Hamas merebut kekuasaan pada Juni 2007, memperketat sanksi yang dijatuhkan setelah penangkapan seorang prajurit Israel pada 2006.

Sejumlah besar pakaian, peralatan dan barang-barang dasar lainnya telah dibawa masuk bagaimanapun melalui terowongan penyelundupan di bawah perbatasan Gaza-Mesir, dan meskipun harganya naik, tidak akan kekurangan barang seperti itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com