Israel Izinkan Pengapalan Material Bangunan

Kompas.com - 16/04/2010, 05:32 WIB
Editorbnj

GAZA CITY, KOMPAS.com - Israel mengizinkan pengapalan material bangunan ke Gaza untuk pertama kalinya dalam tiga tahun, demikian dilaporkan pejabat Palestina.

"Enam truk bermuatan kayu dan alumunium masuk wilayah pantai itu melalui perlintasan Kerem Shalom di selatan," ujar pejabat pabean Palestina Raed Fattuh pada AFP.

"Itu barang Palestina milik para pedagang dan telah disimpan di pelabuhan ini sejak pertengahan 2007," jelas Fattuh.

Menurut Fattuh, Israel telah memutuskan mengizinkan pengapalan kayu dan alumunium ke Gaza setiap hari kecuali Jumat dan Sabtu.

Pada 4 April, Israel mensahkan masuknya, untuk pertama kalinya dalam dua tahun, 10 truk yang membawa pakaian dan sepatu untuk penduduk wilayah kantung miksin itu, yang jumlahnya sekitar 1,5 juta.

Negara Yahudi itu telah menutup wilayah tersebut dari semua kecuali bantuan pokok sejak gerakan Islam Hamas merebut kekuasaan pada Juni 2007, memperketat sanksi yang dijatuhkan setelah penangkapan seorang prajurit Israel pada 2006.

Sejumlah besar pakaian, peralatan dan barang-barang dasar lainnya telah dibawa masuk bagaimanapun melalui terowongan penyelundupan di bawah perbatasan Gaza-Mesir, dan meskipun harganya naik, tidak akan kekurangan barang seperti itu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.