Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Taiwan Tawarkan Bantuan untuk Korban Gempa China

Kompas.com - 15/04/2010, 15:14 WIB

TAIPEI, KOMPAS.com — Presiden Taiwan, Ma Ying-jeou, menyampaikan belasungkawa, Kamis (15/4/2010), atas peristiwa gempa yang merenggut lebih dari 600 korban jiwa di provinsi Qinghai, China, dan menawarkan bantuan.

Segera setelah memperoleh laporan tentang bencana tersebut, Rabu, Presiden Ma memerintahkan Menteri Dalam Negeri, Jiang Yi-huah, dan Dewan Urusan Daratan (MAC) mengumpulkan informasi dari pihak berwenang di China dan menyampaikan tawaran Taiwan untuk membantunya, kata juru bicara kepresidenan, Lo Chih-chiang.

Jiang mengatakan, MAC telah bertanya kepada satu lembaga semiresmi di China untuk berkonsultasi dengan Beijing apakah perlu bantuan pertolongan dari Taiwan, dan Taipei saat ini sedang menantikan tanggapan China.

Satu tim penolong beranggotakan 23 orang dari Badan Pemadam Kebakaran Nasional Taiwan sudah disiagakan dan bisa berangkat kapan saja setelah ada permintaan dari China, katanya. Kantor berita China, Xinhua, melaporkan, jumlah korban meninggal dalam bencana itu naik menjadi 617 orang, 313 orang masih hilang, dan 9.110 lainnya cedera.

Gempa bumi itu berpusat di kawasan Yushu yang didiami 100.000 orang warga etnis Tibet.

Penguasa China mengirim 20.000 tenda, masing-masing 50.000 selimut dan baju hangat untuk mereka yang kehilangan tempat tinggal dalam bencana itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com