Tahun Persahabatan China-Indonesia - Kompas.com

Tahun Persahabatan China-Indonesia

Kompas.com - 14/04/2010, 22:28 WIB

KOMPAS.com - Tahun ini, 2010, adalah peringatan 60 tahun hubungan diplomatik China dengan Indonesia. Duta Besar Republik Indonesia untuk Republik Rakyat China merangkap Mongolia Imron Cotan  menulis, pada Rabu (14/4/2010), kedua kepala negara baik Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Presiden Hu Jintau sudah mencanangkan 2010 sebagai Tahun Persahabatan China dan Indonesia. 

Pencanangan ini dirasa sangat tepat dan diharapkan dapat menjadi katalis guna memperluas dan memperdalam hubungan persahabatan demi kepentingan rakyat kedua negara. Angka 60 tahun sendiri dianggap sebagai angka penting dalam kepercayaan masyarakat Tiongkok.

Selain itu, kurun waktu 60 tahun menunjukkan fase usia yang mapan dan mantap bagi hubungan antarnegara. Rencana kunjungan Perdana Menteri RRT Wen Jiabao ke Indonesia pada 23-24 April 2010 nanti juga akan memperkuat momentum 60 tahun persahabatan kedua negara yang telah berkomitmen untuk membangun kawasan yang stabil, damai dan sejahtera.

Peluang kerja sama


Berdasarkan data statistik 2009, total investasi China ke Indonesia baru mencapai 65,50 juta dollar AS. Sementara dalam kurun waktu setengah tahun pertama pada 2009 saja, investasi dari Indonesia ke China telah mencapai 65,54 juta dollar AS.

Karenanya, Indonesia perlu lebih meyakinkan para investor China untuk datang dan menanamkan modal di Indonesia. Dengan latar belakang inilah, Perwakilan RI di China terus berupaya secara agresif untuk melakukan berbagai program promosi investasi di seluruh wilayah Negeri Tirai Bambu guna menjaring dan mendorong lebih banyak investor mengeksplorasi potensi pasar Indonesia yang besar, utamanya di bidang pembangunan infrastruktur dan transportasi.

Di bidang pariwisata, jumlah turis China yang berkunjung ke Indonesia tahun lalu mencapai 324.887 orang. Seiring dengan kemajuan perekonomian China, semakin besar minat penduduk Tiongkok untuk bepergian ke luar negeri. Mencermati peluang ini, Indonesia menargetkan untuk menarik 564.000 wisatawan dari China tahun ini.

Sementara itu, usia 60 tahun hubungan diplomatik kedua negara yang jatuh pada Selasa (13/4/2010) kemarin diperingati dengan berbagai kegiatan seperti diskusi akademik dan penyebaran stiker ke masyarakat luas. KBRI Beijing juga mendirikan paviliun khusus bertema ‘Bio Diverse City’ pada kegiatan Shanghai World Expo yang diadakan sepanjang bulan Mei-Oktober nanti.

Hadirnya paviliun tersebut untuk menunjukkan khasanah kekayaan alam serta multikulturalisme Indonesia. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi bentuk lain dalam mempromosikan Indonesia kepada masyarakat China dan dunia secara lebih luas dan komprehensif.

“Saya berharap persabahatan dan kerja sama antara kedua negara di berbagai bidang yang telah dilakukan selama ini dapat terus ditingkatkan dan diperkuat di masa yang akan datang,” demikian Imron Cotan. (Iskandar, kompasiana)


Editorprimus

Terkini Lainnya


Close Ads X