India Menentang Saksi Baru Nuklir Iran

Kompas.com - 11/04/2010, 16:42 WIB
Editorbnj

WASHINGTON, KOMPAS.com - India memperjelas penentangannya terhadap sanksi baru atas Iran terkait dengan program nuklirnya yang kontroversial.

Menurut India, sanksi baru yang sedang diupayakan Amerika Serikat (AS) dan sekutunya tidak akan menyelesaikan masalah.

Sikap India itu muncul pada saat AS mengumpulkan dukungan untuk menerapkan sanksi baru atas Iran.

Pada saat yang sama India menginginkan Iran bekerja sama dengan Badan Energi Atom Internasional (IAEA) untuk meyakinkan dunia bahwa negara itu tidak sedang mengembangkan senjata nuklir.

"Kami tak yakin bahwa sanksi-sanksi merupakan satu jawaban. Kami kira sanksi tak akan memecahkan masalah," kata sumber-sumber India.

AS akan mengadakan pembicaraan dengan para anggota tetap Dewan Keamanan PBB untuk mencari dukungan bagi resolusi baru bagi Iran.

India menentang sanksi-sanksi baru terhadap Iran karena negara itu merasa bahwa hanya warga biasa yang akan terkena dampaknya.

Sumber-sumber itu mengatakan, cara terbaik bagi Iran untuk meyakinkan dunia adalah hanya bekerja sama dengan IAEA.

India selalu menyatakan bahwa kontroversi di seputar program nuklir Iran hendaknya dibicarakan dalam forum IAEA daripada DK PBB.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.