Presiden Polandia Tewas dalam Kecelakaan Pesawat

Kompas.com - 10/04/2010, 16:05 WIB
Editoraegi

SMOLENSK, KOMPAS.com — Presiden Polandia Lech Kaczynski bersama sejumlah pejabat tinggi negara itu tewas dalam sebuah kecelakaan pesawat yang mereka ditumpangi di Rusia, Sabtu (10/4/2010). Pesawat rombongan Kaczynski jatuh saat mendekati Bandara Smolensk yang ditutupi kabut di Rusia bagian barat.

Gubernur wilayah Smolensk, Sergei Antufiev, memastikan tidak ada penumpang yang selamat dalam kecelakaan tersebut. Kepada stasiun televisi Rusia-24, via telepon dari Smolensk, Antufiev mengatakan, "Pesawat itu menyambar puncak pohon (saat hendak mendarat), lalu jatuh dan pecah berkeping-keping." Ia menambahkan, "Tidak ada yang selamat."

Gambar pada siaran televisi Rusia menunjukkan reruntuhan pesawat tersebar di hutan dengan bagian-bagian yang masih terbakar.

Kantor-kantor berita Rusia, yang mengutip keterangan Kementerian Darurat Rusia, melaporkan, ada 132 orang dalam pesawat jenis Tupolev Tu-154 tersebut.

Para pejabat di Warsawa memastikan pesawat yang ditumpangi Kaczynski telah jatuh. Televisi Rusia menyiarkan gambar video yang diambil pada Sabtu pagi sebelum presiden dan istrinya naik pesawat di Warsawa menuju Rusia. Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Polandia Piotr Pszkowski mengatakan, Kepala Staf Angkatan Darat Polandia dan Wakil Menteri Luar Negeri Andrzej Kremer ada di pesawat itu.

Presiden Rusia Dmitry Medvedev segera menunjuk Perdana Menteri Vladimir Putin sebagai kepala komisi untuk menyelidiki kecelakaan tersebut dan mengirim Menteri Urusan Situasi Darurat Rusia Sergei Shoigu ke lokasi kejadian.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.