Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden Polandia Dikhawatirkan Tewas dalam Kecelakaan Pesawat

Kompas.com - 10/04/2010, 15:35 WIB

SMOLENSK, KOMPAS.com — Presiden Polandia Lech Kaczynski dikhawatirkan tewas setelah pesawat yang ditumpanginya jatuh saat mendekati sebuah bandara Rusia, Sabtu (10/4/2010).

Pesawat Kaczynski dan rombongannya jatuh sekitar 1,5 kilometer dari bandara Smolensk yang diselimuti kabut di Rusia bagian barat. Kantor-kantor berita Rusia, yang mengutip keterangan Kementerian Darurat Rusia, melaporkan, sedikitnya 87 orang tewas dalam kecelakaan itu. Mereka melaporkan, ada 132 orang dalam pesawat jenis Tupolev Tu-154 tersebut.

Kantor berita pemerintah Polandia, PAP, mengatakan, tidak ada yang selamat dalam kecelakaan itu. Seorang pejabat Polandia di Smolensk kepada kantor berita Reuters mengatakan tidak ada informasi tentang korban yang selamat.

Pejabat itu menambahkan, kepala tentara Polandia dan kepala pemerintahan juga berada di pesawat naas itu, bersama dengan istri Presiden serta keluarga dari sejumlah pejabat senior lainnya.

"Pesawat itu terbakar setelah jatuh. Regu penyelamat kini berupaya untuk menarik penumpang dari badan pesawat yang telah rusak parah," kata seorang juru bicara Kementerian Luar Negeri Polandia di Warsawa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com