Dalai Lama Berterima Kasih kepada Swiss

Kompas.com - 10/04/2010, 10:54 WIB
Editoraegi

ZURICH, KOMPAS.com — Pemimpin spiritual Tibet di pengasingan, Dalai Lama, mengucapkan terima kasih kepada Swiss karena menerima para pengungsi Tibet selama 50 tahun terakhir. Swiss telah menjadi rumah bagi sebagian besar warga Tibet di dunia.

"Ini adalah kewajiban kami untuk berterima kasih kepada pemerintah Swiss, rakyatnya, dan secara khusus Palang Merah Swiss karena telah menerima pengungsi Tibet sejak 1959," kata Dalai Lama dalam sebuah konferensi pers di Zurich. Saat ini ada sekitar 4.000 warga Tibet yang tinggal di Swiss.

Dalai Lama telah mengunjungi Swiss sebanyak 13 kali dan melakukan kunjungan rutin kepada para biksu di Institut Tibet di Rikon, tidak jauh dari Zurich. Dalai Lama (74), yang telah tinggal di pengasingan sejak 1959, tidak menyerukan kemerdekaan Tibet, tetapi ingin memperoleh otonomi yang lebih besar dari China untuk wilayahnya.

Dia mengatakan, dirinya berharap untuk dapat memperoleh otonomi itu dalam dasawarsa ini. "Hal ini mungkin tidak akan dimulai pekan depan atau bulan depan atau bahkan tahun depan. Namun, dalam dasawarsa ini."

Dalai Lama, dalam kunjungan lima harinya ke Zurich yang dimulai Rabu, melakukan pertemuan dengan presiden parlemen Swiss, Pascale Bruderer. Tidak ada rencana untuk bertemu perwakilan pemerintah Swiss, kata Kementerian Luar Negeri Swiss.

"Mengapa saya harus kecewa?" tanya Dalai Lama ketika ditanya mengenai tidak adanya pertemuan dengan perwakilan pemerintah. Dia menambahkan bahwa tujuan dari kunjungannya adalah untuk menghadiri konferensi Buddha.

Pertemuan antara peraih penghargaan Nobel 1989 itu dan pejabat negara yang dikunjunginya acap kali menciptakan ketegangan dengan Beijing. Beijing menyatakan, Tibet merupakan bagian tak terpisahkan dari China dan setiap pertemuan dengan Dalai Lama berarti mencampuri urusan dalam negerinya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.