Sudan dan JEM Saling Menuduh Langgar Gencatan

Kompas.com - 06/04/2010, 03:09 WIB
Editorbnj

KHARTOUM, KOMPAS.com - Pemerintah Sudan dan pemberontak kuat Darfur JEM, Senin (5/4/2010) saling menuduh melanggar gencatan senjata yang ditandangani belum lama ini.

Gerakan Keadilan dan Persamaan Hak (JEM) mengatakan, militer Sudan membom posisinya di Darfur dekat perbatasan Chad, dari tengah malam hingga Senin pagi, yang mencederai enam warga sipil dan membuat ternak mereka mati.

"Pemboman dilakukan mulai tengah malam dan berlanjut pagi ini... Orang-orang ini tidak tertarik mencari penyelesaian politik atas masalah itu," kata juru bicara JEM, Ahmed Hussein Adam, dalam pernyataan melalui telefon dari Qatar.

Adam mengatakan, pesawat-pesawat pemerintah membom sejumlah posisi JEM di daerah-daerah Darfur Utara, Abu Hamra, Furawiya dan Jabel Moun.

Kelompok pemberontak mempertimbangkan poisisinya dalam perundingan mendatang namun belum ada rencana untuk menarik diri dari negosiasi.

Sementara itu, militer Sudan membantah tuduhan melakukan serangan terhadap JEM. "Militer Sudan mematuhi gencatan senjata yang ditandatangani dengan JEM. Militer tidak membom posisi JEM," kata seorang juru bicara militer.

Seorang pejabat tinggi pemerintah menuduh kelompok pemberontak menguasai wilayah baru di daerah barat, yang bertentangan dengan ketentuan perjanjian gencatan senjata.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Perundingan perdamaian lebih lanjut antara JEM dan pemerintah Sudan, yang diadakan di Doha, ibukota Qatar, macet sejak gencatan senjata Februari.

Pemerintah Sudan dan JEM, kelompok pemberontak menandatangani perjanjian dan kesepakatan di ibukota Qatar pada 23 Februari. Perjanjian final diharapkan bisa ditandatangani sebelum 15 Maret.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.