Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenang Kembali Penyaliban Yesus di Katedral

Kompas.com - 02/04/2010, 13:17 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Hari ini, Jumat (2/3/2010), umat Kristiani sedunia memperingati wafatnya Yesus Kristus atau yang dikenal dengan peringatan Jumat Agung. Gereja Katedral Jakarta secara khusus menggelar drama penyaliban yang menggambarkan peristiwa wafatnya Yesus Kristus sekitar 2000 tahun lalu itu.

Drama teatrikal itu akan digelar dua kali pada ibadat Jumat Agung pukul 12.00 dan pukul 15.00. "Jadi, dalam drama itu kami mengenangkan kembali dari mulai Yesus dihakimi sampai dia ke tempat menjalani hukuman dan wafat," kata Humas Gereja Katedral Santa Perawan Maria Diangkat ke Surga, Jakarta, Grace Tanus.

Grace mengatakan, drama teatrikal atau biasa disebut tablo itu akan diperankan oleh muda-mudi Katolik. Mereka, antara lain, akan memerankan tokoh Yesus, Maria, para Rasul, hingga Pontius Pilatus. "Diharapkan, umat bisa mendapatkan makna yang mendalam akan wafatnya Yesus Kristus, sebagaimana iman kami," ujarnya.

Selain menggelar drama teatrikal, sebelumnya pada pagi tadi, Paroki Katedral juga melakukan ibadat Jalan Salib. Berbeda dengan drama teatrikal tersebut, Jalan Salib lebih merupakan ritual mengenang peristiwa wafat Yesus dengan melakukan doa-doa dan nyanyian liturgis.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com