Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

India Sukses Uji Coba Rudal Nuklir

Kompas.com - 27/03/2010, 15:22 WIB

BHUBANESWAR, KOMPAS.com — India sukses melakukan uji coba dua rudal berkemampuan nuklir jarak pendek dari dua lokasi lepas pantai di timur negara itu, Sabtu (27/3/2010). India, yang telah menguji senjata nuklir tahun 1998, telah mengembangkan serangkaian nuklir dan sistem rudal konvensional sebagai bagian dari sebuah program sejak tahun 1983.

Uji coba pertama dilakukan terhadap Dhanush, yang memiliki jangkauan 350 kilometer dan ditembakkan dari sebuah kapal angkatan laut di lepas pantai Teluk Benggala, negara bagian Orissa. Rudal kedua adalah Prithvi (Bumi)-II, diluncurkan dari Chandipur—dalam sebuah tes terpadu lintas laut, 200 kilometer di timur laut Bhubaneswar, ibu kota Orissa.

"Dua uji coba itu berhasil dan memenuhi semua tujuan misi," kata SP Dash, direktur tes terpadu itu, kepada AFP. Dhanush, yang berarti membungkuk dalam bahasa Hindi, adalah varian dari rudal darat ke darat Prithvi, yang dikembangkan untuk angkatan laut India. Kedua varian itu dapat membawa hulu ledak nuklir dan konvensional. Rudal Prithvi II yang panjangnya 8,5 meter memiliki jangkauan 150-350 kilometer dan dapat membawa beban satu ton.

Bulan lalu, India mengumumkan dalam tahun ini akan menguji sebuah rudal berkemampuan nuklir dengan jangkauan lebih dari 5.000 kilometer. India telah mengembangkan serangkaian sistem persenjataan yang dapat mencapai sasaran potensial di negara tetangga Pakistan dan China. Rudal berkemampuan nuklir dengan jangkauan terpanjang milik India saat ini, yaitu Agni-III yang dapat mencapai jarak maksimum 3.500 kilometer.

Pakistan yang juga memiliki senjata nuklir, dan telah tiga kali berperang dengan India sejak pemisahan dan kemerdekaan dua negara itu enam dasawarsa lalu, telah mengatakan bahwa program pengembangan peluru kendali India dapat memicu perlombaan senjata baru di kawasan itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com