India Sukses Uji Coba Rudal Nuklir

Kompas.com - 27/03/2010, 15:22 WIB
Editoraegi

BHUBANESWAR, KOMPAS.com — India sukses melakukan uji coba dua rudal berkemampuan nuklir jarak pendek dari dua lokasi lepas pantai di timur negara itu, Sabtu (27/3/2010). India, yang telah menguji senjata nuklir tahun 1998, telah mengembangkan serangkaian nuklir dan sistem rudal konvensional sebagai bagian dari sebuah program sejak tahun 1983.

Uji coba pertama dilakukan terhadap Dhanush, yang memiliki jangkauan 350 kilometer dan ditembakkan dari sebuah kapal angkatan laut di lepas pantai Teluk Benggala, negara bagian Orissa. Rudal kedua adalah Prithvi (Bumi)-II, diluncurkan dari Chandipur—dalam sebuah tes terpadu lintas laut, 200 kilometer di timur laut Bhubaneswar, ibu kota Orissa.

"Dua uji coba itu berhasil dan memenuhi semua tujuan misi," kata SP Dash, direktur tes terpadu itu, kepada AFP. Dhanush, yang berarti membungkuk dalam bahasa Hindi, adalah varian dari rudal darat ke darat Prithvi, yang dikembangkan untuk angkatan laut India. Kedua varian itu dapat membawa hulu ledak nuklir dan konvensional. Rudal Prithvi II yang panjangnya 8,5 meter memiliki jangkauan 150-350 kilometer dan dapat membawa beban satu ton.

Bulan lalu, India mengumumkan dalam tahun ini akan menguji sebuah rudal berkemampuan nuklir dengan jangkauan lebih dari 5.000 kilometer. India telah mengembangkan serangkaian sistem persenjataan yang dapat mencapai sasaran potensial di negara tetangga Pakistan dan China. Rudal berkemampuan nuklir dengan jangkauan terpanjang milik India saat ini, yaitu Agni-III yang dapat mencapai jarak maksimum 3.500 kilometer.

Pakistan yang juga memiliki senjata nuklir, dan telah tiga kali berperang dengan India sejak pemisahan dan kemerdekaan dua negara itu enam dasawarsa lalu, telah mengatakan bahwa program pengembangan peluru kendali India dapat memicu perlombaan senjata baru di kawasan itu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.