Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden Sudan Ancam Cambuk Staf PBB

Kompas.com - 27/03/2010, 10:15 WIB

KHARTOUM, KOMPAS.com - Presiden Sudan, yang dicari pengadian PBB dengan tuduhan kejahatan perang, memperingatkan staf organisasi dunia itu bahwa mereka akan dihukum cambuk jika tertangkap menjual alkohol.

"Siapa saja yang minum alkohol, kami cambuk mereka. Siapa saja yang membuat alkohol, kami cambuk mereka. Siapa saja yang menjual alkohol, kami cambuk mereka. Saya tak peduli apakah mereka PBB atau organisasi hak asasi manusia," kata Omar Hassan al Bashir dalam pidato pada kampanye pemilihan yang disiarkan televisi Blue Nile Sudan.

Bashir, ahli pidato berpengaruh yang biasa membumbui kampanyenya dengan seruan nasionalisme dan Islam, berbicara di Omdowan, sebuah desa di timur ibukota Sudan, yang dikenal sebagai pusat keagamaan. Presiden itu, yang dicari Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) dengan surat perintah penangkapan karena digua melakukan kejahatan perang di Darfur, Sudan barat, telah melakukan perjalanan kampanye ke seluruh negeri sebelum pemilihan yang akan mulai bulan depan.

Alkohol dilarang di Sudan utara yang sebagian besar penduduknya Muslim dan cambukan merupakan hukuman biasa bagi mereka yang tertangkap meminum, membuat atau menjualnya. Orang-orang asing tidak dikecualikan oleh undang-undang itu, tapi beberapa staf PBB memiliki status diplomatik. Tidak ada pejabat pada misi PBB di Sudan yang bisa dihubungi dengan segera untuk dimintai komentarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com